Cara Mudah Install Driver pada Komputer


[Z-Xp] Apakah Anda pernah berfikir mengapa dalam dunia komputer ada istilah driver?
Istilah driver adalah istilah yang sangat tepat bagi penggunaannya. Betapa tidak, ibarat sebuah kendaraan yang tidak akan bisa berjalan sendiri tanpa sopir, piranti komputer apapun yang ada dalam komputer, laptop atau netbook Anda juga tidak akan bisa "berjalan" tanpa driver.

Ada berbagai driver sesuai dengan jenis hardwarenya, seperti sound card, vga card, wifi, chipset, memory card, network, bluetooth, touchpad dan lain sebagainya. Instalasi driver biasanya dilakukan saat instal ulang komputer, laptop, netbook atau saat instal total untuk pertama kalinya.

Dalam beberapa kasus pada OS tertentu beberapa driver tidak usah di instal karena peralatan telah plug and play atau langsung bisa dikenali oleh OS. Akan tetapi jika tidak maka Anda harus meninstal driver sendiri. Inilah cara mudah instal driver laptop, komputer atau netbook pada windows 7.

1. Cek terlebih dahulu hardware yang belum terinstal driver dengan cara masuk start > klik kanan Computer > pilih properties > muncul jendela system > pilih device manager.

2. Perhatikan apakah ada hadware yang belum terinstal driver? Jika ada silakan masukkan CD driver Anda dalam DVDROm komputer atau laptop, misal VGA card belum terinstal.

3. Carilah folder VGA pada CD driver Anda melalui windows explorer.

4. Carilah file dengan nama setup.exe atau file dengan ekstensi .exe (application).

5. Klik dua kali file tersebut, ikuti langkah-langkah selanjutnya dengan klik next dan next sampai terjadi proses instalasi.

6. Setelah selesai biasanya komputer atau laptop minta untuk di restart, restart saja. Lakukan instalasi driver selanjutnya.


selamat mencoba

Post a Comment

2 Comments

  1. artikel yg patut diacungi banyak jempol serta tampilan blog yg sangat serasi dengan tampilan artikel, sungguh membuat pengunjung betah berlama lama disini dan tak heran juga blog ini selalu dibanjiri banyak pengunjung...


    #Salam Sehat Selalu

    oh iya sob, jangan lupa follow balik ya :)

    ReplyDelete
  2. @Mangapow | Baca Manga Online : terma kasih sob udah mau berkunjung, walaupun saya belum semat update.. :)

    ok saya follback :)

    ReplyDelete