Tips Hemat Berinternet


[Z-Xp] Penghematan pada saat menggunakan internet bisa kita lakukan dengan cara selektif memilih SIM Card atau operator yang menawarkan tarif lebih murah. Tetapi penghematan juga dapat dilakukan melalui laptop/pc anda, dengan cara dibawah ini :



  1. Matikan automatic update yang bekerja pada komputer anda, seperti windows update, antivirus update, dsb. Sebaiknya anda melakukan update secara manual dan berkala.
  2. Lebih baik lagi anda mematikan fasilitas yang tidak terlalu dibutuhkan pada browser, seperti flash player, iklan, dsb. Anda juga dapat menambahkan Plugin atau add-ons pada browser untuk me-nonaktifkan aplikasi flash menggunakan flash block dan untuk me-nonaktifkan iklan, anda dapat menggunakan plugin adblock.
  3. Hindari membuka halaman situs yang terlalu lama. Segera tutup juka tidak dibutuhkan lagi karena bisa saja terjadi transfer tanpa anda sadari.
  4. Segera basmi virus, worm, atau spyware yang ada pada komputer anda. Selain dapat merusak sistem komputer, ketiganya bisa jadi akan melakukan transfer data tanpa disadari.
  5. Segera matikan koneksi apabila anda sudah tidak menggunakannya lagi dan jika tidak terlalu membutuhkan hindari aktifitas yang membotuhkan banyak bandwith seperti download software, video streaming, dsb.
  6. Jika anda ingin mengunduh/ mendownload file yang berukuran cukup besar seperti lagu, video, software, sebaiknya anda gunakan sistem tarif time based karena sistem ini tidak menghitung berapa besar file yang akan di unduh/download, tetapi perlu diingat jika filenya terlalu besar waktu yang digunakan akan semakin lama.


Nah, mungkin sedikit tips berinternet ini dapat membantu anda, selamat berinternet ria..

Post a Comment

0 Comments